Mas Uje Senang banget ngebahas dunia Teknologi

Cara Mengatasi Hp Lemot Setelah di Upgrade

2 min read

Cara Mengatasi Hp Lemot Setelah di Upgrade

Banyak pengguna Smartphone yang mengalami masalah setelah di Upgrade, salah satunya sering lemot. Lantas bagaimana cara mengatasi hp lemot setelah di upgrade? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa mengupgrade sistem pada smartphone akan meningkatkan kinerja atau performa dari perangkat tersebut. Tapi yang terjadi malah sebaliknya, HP lemot Setelah di Upgrade, susah untuk kita gunakan dan performanya malah menurun.

Salah satu penyebab HP Lemot Setelah di Upgrade adalah karena sistem pada perangkat tidak menudukung dengan update terbaru. Dan imbasnya, smartphone akan lemot bahkan kapisitas dan RAM akan bekerja lebih keras karena tidak kompetible sehingga lama kelamaan bisa menyebabkan smartphone tersebut rusak.

Maka dari itu, sebelum melakukan upgrade kamu harus pastikan bahwa smartphone tersebut sudah layak untuk mendapatkan versi terbaru agar tidak terjadi masalah smartphone lag setelah di update.

Cara Mengatasi HP Lemot Setelah di Upgrade

Masalah seperti ini memang bukan perkara yang mudah untuk kita tangani, apalagi jika kamu bukan orang yang sering mengoprek smartphone.

Meski begitu, kamu tidak usah bimbang ya.. Karena pada kesempatan ini Hapeku.id akan memberikan tips yang mungkin bisa kamu gunakan untuk mengatasi hp lemot setelah di upgrade.

Tapi, sebelum kami memberikan penjelasan lebih lanjut, alangkah baiknya kamu ketahui dulu apa penyebab smartphone lag setelah di update.

Silahkan simak dengan baik ya, biar kamu paham!

  • Perangkat tidak memenuhi kriteria.
  • Versi Update tidak Sesuai dengan Smartphone.
  • Kapasitas Penuh.
  • Sistem mengalami gangguan.
  • RAM tidak mencukupi.
  • Dan Masih banyak lagi.

Beberapa masalah tersebut biasanya menjadi penyebab utama kenapa hp lemot setelah di upgrade. Nah, untuk mengatasinya silahkan simak ulasan berikut ini.

1. Pastikan Perangkat Competible

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat apakah perangkat tersebut benar-benar kompetible atau tidak dengan versi update terbarunya.

Jika tidak, maka kamu jangan pernah memaksa untuk melakukan update karena akan mengakibatkan smartphone lemot setelah di update.

Saran dari kami, coba kamu baca terlebih dahulu system requiments pada versi update tersebut dan cocokan dengan smartphone yang kita miliki.

Jika sulit, kamu bisa bertanya kepada pihak developer atau anggota di dalam Group Sosial media seperti WhatsApp, Facebook, Telegram dan lain sebagainya.

2. Uninstall Update

Apabila kamu terlanjur melakukan update perangkat namun ternyata hasilnya hp lemot setelah di upgrade, ada baiknya down grade ke versi sebelumnya.

Dengan begitu, kamu tidak usah khawatir smartphone lag atau lemot karena versinya akan kembali seperti sebelum melakukan upgrade.

Untuk langkahnya sendiri biasanya tiap smartphone berbeda-beda sehingga kamu harus mencari tutorial yang cocok dengan jenis hp yang kamu gunakan.

3. Hapus Aplikasi Yang Kurang Penting

Banyak yang berpendapat bahwa semakin banyak aplikasi dalam sebuah smartphone, maka fungsinya akan semakin lengkap.

Sebenarnya tidak ada salahnya apabila smartphone kita memenuhi untuk melakukan hal tersebut. Tapi, bagaimana jika kita memiliki HP dengan keadaan yang terbatas?

Tentu tidak mungkin bukan?

Nah, saran dari kami coba kamu hapus beberapa aplikasi yang tidak penting dan jarang kamu gunakan. Dengan begitu, smartphone tidak akan lag saat di upgrade karena ruang penyimpanan sudah memenuhi untuk install update terbaru.

4. Nonaktifkan dan Hapus Animasi

Banyak orang yang mengalami HP Lemot Setelah di Upgrade, padahal jika ditelusuri lebih dalam ternyata mereka banyak menggunakan animasi yang memberatkan perangkat.

Sadar atau tidak, jika menggunakan animasi terlalu berlebihan seperti launcher, wallpaper bergerak, aplikasi wallpaper dan lainnya bisa memicu crash system ketika kita update.

Untuk itu, kamu harus memilih apakah mau menggunakan animasi atau ingin melakukan update. Apabila ingin upgrade ke versi terbaru kami sarankan untuk segera menghapus animasi yang memberatkan.

5. Menghapus Cache Aplikasi

Sebagaimana fungsinya, cache mampu menyimpan riwayat penggunaan kita dalam sebuah sistem baik itu dalam smartphone maupun komputer.

Namun, efeknya penyimpanan akan terkikis jika lama kelamaan cache tersebut tidak pernah kamu bersihkan. Tentu saja, akibatnya ketika melakukan update hp jadi lemot dan tidak bekerja secara optimal.

Nah, untuk menghapusnya, kamu perlu simak langkah berikut ini :

  • Silahkan buka Pengaturan.
  • Lalu masuk ke Menu Aplikasi.
  • Kemudian kamu pilih Penyimpanan.
  • Setelah itu, silahkan hapus cache atau memori.

6. Melakukan Factory Reset

Cara mengatasi hp lemot setelah di upgrade yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan awal.

Nantinya, proses ini akan menghapus data serta file pada penyimpanan internal smartphone kamu. Artinya, penyimpanan dan seluruh data yang ada di dalamnya akan kosong sehingga kamu bisa melakukan update dengan mudah tanpa harus takut akan hp lemot setelah di upgrade.

Untuk melakukannya, silahkan simak ulasan berikut ini :

  • Silahkan buka aplikasi Pengaturan.
  • Lalu Scroll ke bawah dan cari “Reset Pabrik”.
  • Silahkan ikuti langkahnya sampai akhir.

Jangan lupa, kamu harus backup terlebih dahulu semua data yang ada mulai dari kontak, gambar, kata sandi dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sebelum melakukan upgrade, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu apakah perangkat yang kamu gunakan sudah kompetible atau tidak.

Jika memang belum, jangan pernah memaksakan ya.. Namun, apabila terlanjur kamu bisa mengikuti beberapa saran yang telah kami berikan.

Demikian pembahasan kami kali ini tentang cara mengatasi hp lemot setelah di upgrade dengan mudah dan cepat lengkap dengan penyebabnya.

Semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat dan terimakasih.

Berapa Nilai Untuk Artikel Ini?

Mas Uje Senang banget ngebahas dunia Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *